Rabu, 18 Januari 2012

Manakah Yang Anda Pilih : Mencari Keuntungan Eceran atau Membangun Keuntungan Jaringan

11 Januari 2012 119 kali ditampilkan 3 Komentar
Keuntungan JaringanUntuk apa saya harus merekrut ? Saya hanya akan kehilangan Keuntungan Eceran. Lalu apa yang saya dapatkan ? Saya sudah capek bekerja, tapi tidak mendapatkan hasil. Percuma saja saya merekrut. Lebih baik saya menjual secara eceran saja, supaya untung saya banyak.
Kata-kata semacam itu banyak sekali terucap dari Distributor Multi Level Marketing. Terutama bagi Distributor Baru yang belum memahami hakekat Bisnis Jaringan. Di Diamond Interest International salah satu keuntungan yang ditawarkan adalah keuntungan eceran, yaitu keuntungan yang diperoleh dari selisih harga Distributor dengan Konsumen. Namun
keuntungan ini tidak sebesar keuntungan jaringan.
Benarkah ? Baiklah, mari kita baca dengan seksama illustrasi di bawah ini.
Sebut saja namanya Rita. Ia hampir 6 bulan menggeluti bisnis MLM Diamond Interest International. Sayangnya, prestasi yang diraih belum maksimal. Jenjang karirnya masih status Distributor 18%. Padahal, cewek asal Manado ini, rajin sekali melakukan sharing kepada keluarga maupun tetangganya. Hasil sharing itu melahirkan banyak Pelanggan, tidak bergabung menjadi Distributor. Artinya, mereka hanya mengkonsumsi produknya saja.
Sementara itu rekannya, sebut saja Ayu,  yang baru 4 bulan bergabung, jenjang karirnya melebihi Distributor, yaitu Ruby Manager, dengan tingkat Bonus Prestasi 31%. Padahal, pembelian pribadi temannya itu, berada di bawahnya. Tidak mencapai angka jutaan. Pembelian Pribadi-nyapun (Personal Sales) setiap bulan hanya 5 botol Produk senilai 250.000 PV. Tidak lebih.
Perbedaan itu, membuat Rita nyaris frustasi. Di benaknya mulai dijejali suara-suara sumbang tentang Diamond Interest International. Seorang leadernya mengajak diskusi. Leader itu ingin tahu kendala dan persoalan yang mendera Rita. Ternyata, usut punya usut, Rita enjoy sekali melakukan penjualan eceran. Walaupun rajin melakukan sharing, tetapi ia tidak melakukan sponsoring kepada prospeknya. Rita merasa bahwa, merekrut Member Baru (membangun Jaringan) akan membuat dia KEHILANGAN  KEUNTUNGAN  ECERAN.
Lantas, apakah mencari Keuntungan Eceran itu salah ?
Sebenarnya tidak, karena MLM Diamond Interest International dijalankan dengan prinsip MENJUAL, SPONSORING & MENGAJAR. Jadi keuntungan eceran (keuntungan yang diperoleh dari selisih harga Distributor dengan harga Konsumen) tetap terakomodir.
ASlide1
  • Bekerja Sendiri
Ternyata, meskipun keuntungan eceran cepat diperoleh, namun sistem eceran mempunyai berbagai kelemahan.
  1. Si Distributor, seperti halnya Rita tadi, akan bekerja sendirian, sebab Rita tidak pernah mau membangun jaringan. Ia akan terengah-engah, karena tak ada dukungan dari jaringannya.
  2. Karena bekerja sendirian, kocek yang dikeluarkan sangat besar. Dalam contoh Rita tadi, maka untuk mencapai keuntungan Rp. 225.000, maka biaya yang dikeluarkan oleh Rita sebesar : Rp. 110.000 x 12 = Rp. 1.320.000 (600.000PV).
Nah, akumulasi pembelian yang dicapai Rp. 1.320.000 (600.000 PV) itu tetap menempatkannya sebagai Distributor 18%. Total Keuntungan Eceran dan Bonus yang diterima hanya :
ASlide2
Dan karena belum mencapai jenjang Manager, dia tidak mendapatkan Tambahan Bonus Royalti, yaitu Leadership Royalti Bonus sebesar 15% dari Total PV Omzet Perusahaan.
Atau meskipun dia di posisi Manager, tetap saja tidak bisa mendapatkan LEADERSHIP ROYALTI BONUS, karena Total Omzet Jaringannya kurang dari 3.000.000 PV.
  • Bekerja DENGAN JARINGAN
Sementara Ayu, walaupun hanya melakukan pembelian pribadi : 5 produk @ Rp. 110.000 = Rp. 550.000 (250.000 PV) per bulan,
Namun Ayu telah mencapai jenjang Ruby Manager dengan tingkat Bonus Prestasi 31%. Kenapa? Karena Ayu juga Aktif mensponsori Distributor Baru (membangun jaringan) hingga jumlah jaringannya mencapai 400 downline. Karena dibina secara baik & intensif, dari 400 orang tersebut, yang aktif adalah 80% yaitu 320 orang Downline.
Nah, setiap downline itu, diajari untuk Menjual, Mensponsori & Mengajar. Masing-masing dari mereka juga hanya melakukan pembelian pribadi 5 produk saja senilai  5 X Rp.110.000 = Rp. 550.000 (250.000 PV) per bulan, hingga Total akumulasi Omzet Jaringan Ayu per bulan adalah : 5 produk X Rp. 110.000 X 320 Dowline = Rp. 176.000.000 (100.000.000 PV).
Bila Ayu mendapatkan 3% saja dari Total Omzet tersebut, maka Total Penghasilannya dalam sebulan adalah sebagai berikut :
ASlide3
Jika dibandingkan, maka :
ASlide4
Dengan kata lain, meskipun MODAL yang dikeluarkan Rita 240% LEBIH BANYAK bila dibandingkan Ayu, tetapi PENGHASILAN Rita JAUH LEBIH SEDIKIT, HANYA 8%dari penghasilan Ayu.  SANGAT  IRONIS !!!!!!
Dengan demikian, keuntungan Rita itu, tidak sebanding dengan modal dikucurkan. Dengan demikian, mengandalkan keuntungan eceran sangat riskan dalam bisnis MLM. Lalu, bagaimana solusinya agar mencapai SUKSES ? Tidak lain dengan membentuk jaringan, beberapa kemudahan akan diperoleh.
ASlide5
  • DUPLIKASI
Karena itulah, membentuk jaringan dalam bisnis MLM Diamond Interest International, sangat menentukan sekali dalam meraih KESUKSESAN. Disinilah, agar jaringan terbentuk, seorang Distributor harus rajin melakukan duplikasi kepada orang lain. Ini artinya, setelah menjadi Distributor, Anda wajib MENGKONSUMSI PRODUK, MEREKRUT Distributor baru setiap bulan & MEMBINA JARINGAN. Dengan memiliki jaringan, jelas Anda tidak lagi bekerja sendiri. Sebab, setiap kali Downline Anda Berbelanja, akumulasi PV-nya akan Anda nikmati juga sebagai upline, dalam bentuk BONUS. Hal inilah yang membuat bisnis kita di MLM Diamond Interest International Semakin Besar, meskipun modalnya relatif kecil. Asalkan………kita mempunyai jaringan yang aktif melakukan pembelian produk dan mensponsoring..
Jika dibandingkan dengan keuntungan eceran, jelas keuntungan membentuk jaringan lebih besar. Sebab, selain modalnya sangat kecil, juga memperoleh keuntungan bonus dan komisi insentif lainnya. Sedangkan dalam keuntungan eceran, tidak mempunyai jaringan, kecuali hanya konsumen saja. Disinilah kelemahan mendasar dari keuntungan eceran, yang hanya sesaat, tidak langgeng seperti halnya membentuk jaringan.
Selain itu, dengan sistem jaringan, Anda dapat lebih mudah mengikuti berbagai program yang dilakukan oleh perusahaan.
Karena itu, bila Anda ingin SUKSES di bisnis MLM Diamond Interest International, seyogyanya memahami tentang Marketing Plan, baik PLAN – A maupun PLAN – B.  Dengan menguasai hal itu, maka Anda dapat menyusun strategi jaringa Anda. Jadi, alangkah lebih baik, bila sejak sekarang kita terus membentuk jaringan, tanpa melupakan keuntungan eceran. Bila KEUNTUNGAN ECERAN & KEUNTUNGAN JARINGAN bersama-sama dilakukan, KESUKSESAN tinggal anda petik setiap bulannya.
So……Mau jadi RITA atau AYU…….?????????
Pilihan ada di tangan Anda……..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar